10 HAL INI AKAN TERJADI KETIKA ANDA MULAI MENIKMATI KESENDIRIAN

Beberapa orang berpikir jika “sendirian” adalah hal yang sangat buruk. Hal ini juga mengartikan anda adalah mahluk antisosial atau orang yang tidak diinginkan. Tetapi sebenarnya, sendirian tidak selalu berarti buruk karena ada beberapa manfaat yang muncul setelah anda belajar untuk merangkul kesendirian.

Saya tidak menganjurkan anda untuk meniru adegan Tom Hanks di filmnya yang berjudul Cast Away karena tidak ada yang bisa membantah manfaat dan kegembiraan yang hadir bersama dengan pemenuhan hubungan dengan orang lain.

Tapi saya katakan bahwa sekali anda belajar untuk menikmati hidup sendirian, maka anda akan tumbuh sebagai pribadi yang lebih baik. Berikut ini adalah 10 hal menakjubkan yang akan terjadi didalam hidup anda ketika anda mulai menikmati kesendirian, diantaranya adalah :

1. Energi anda akan terisi ulang kembali

Terkadang ketika kita dikelilingi oleh orang banyak, kita akan mengeluarkan banyak energi. Berusaha untuk menjaga orang lain agar bahagia, membuat mereka tertawa, menenangkan ego mereka, membaca emosi mereka dan kesemua hal ini datang bersamaan dengan interaksi biasa.

Hal ini dapat mengeringkan mental jika anda selalu terhubung dengan orang lain. Sedikit waktu luang memungkinkan anda mengisi ulang kembali energi dan anda harus mengambil istirahat dari pekerjaan emosional dan mental yang berat dari interaksi yang terus-menerus.

2. Anda akan merefleksikan lebih sering

Hidup anda selalu berputar dengan sangat cepat. Secepat dalam kenyataannya, mungkin terbilang hal yang langka apabila anda mempunyai waktu sendiri untuk duduk dan merenungkan hidup anda.

Kesendirian memberikan anda kesempatan yang sempurna untuk merefleksikan diri anda lebih sering. Karena anda tidak menghabiskan begitu banyak waktu dalam memproses pikiran dan perasaan orang lain, ini adalah waktu yang baik untuk mengubah fokus anda didalamnya. Kesendirian menyediakan anda sebuah lingkungan yang sempurna untuk merefleksikan diri.

3. Anda akan mendapatkan hubungan dengan emosi anda sendiri

Sekali lagi, ketika anda dikelilingi oleh orang lain sepanjang hari, anda terus-menerus mencoba untuk membaca dan melayani emosi orang lain. Anda melakoni hal ini setiap hari sehingga anda kehilangan sebuah sentuhan terhadap diri anda sendiri.

Ketika anda mulai menikmati hidup sendirian, anda akan mendapatkan sudut pandang yang lebih besar terhadap emosi anda sendiri. Anda akan membuat pemahaman yang lebih dalam tentang hal yang dapat membuat anda lebih bahagia, hal yang mengganggu anda dan hal yang membuat anda sedih.

Dengan pengetahuan ini, itu akan jauh lebih mudah untuk mengatur emosi anda. Tetapi itu semua dimulai dari memahami bagaimana anda merasakannya dan yang berasal dari sedikit kesendirian.

4. Anda akan mulai melakukan hal-hal yang sebenarnya anda nikmati

Ketika anda terus-menerus berada di perusahaan orang lain, anda selalu membuat kompromi untuk menemukan solusi bahwa seluruh kelompok dapat menikmatinya. Dan sayangnya, hal yang paling anda inginkan mungkin tidak selalu sejalan dengan apa yang diinginkan kelompok tersebut.

Agar semakin mudah untuk menikmati hidup sendirian adalah anda terlebih dahulu menyadari bahwa melakukan hal tersebut memberikan anda lebih banyak kebebasan untuk melakukan hal-hal yang benar-benar ingin anda lakukan.

5. Anda akan menjadi lebih produktif

Berada di perusahaan orang lain bisa menjadi hal yang menyenangkan dan menghibur, tetapi juga dapat secara serius mempengaruhi produktifitas anda. Ada kalanya perusahaan orang lain bertindak sebagai tidak lebih dari sebuah gangguan dari hasil pekerjaan yang telah anda selesaikan.

Waktu yang dihabiskan sendiri merupakan beberapa waktu yang paling produktif didalam hidup, sebagian besar karena anda memiliki sedikit gangguan dan anda hanya bisa meletakkan tangan anda dan mulai bekerja kembali.

6. Anda akan menikmati tahap hubungan secara lebih

Ketika anda menghabiskan waktu kesendirian secara teratur dan akhirnya mulai menikmati hidup sendirian, anda akan mengetahui dan menemukan bahwa anda juga menikmati hubunganmu dengan orang lain bahkan lebih.

Dan itu dikarenakan waktu yang dihabiskan sendiri memberikan apresiasi yang lebih besar untuk diri anda sendiri.
Hal ini juga memungkinkan anda untuk menghargai semua hal-hal besar yang datang dari hubungan anda dengan orang lain, yang sebagian besar belum pernah anda sadari.

7. Anda akan merasa lebih mandiri

Setelah anda menikmati hidup sendiri, anda akan merasa lebih percaya diri didalam kemampuan anda untuk benar-benar sendirian dan yang secara alami akan mengarahkan anda ke arah yang lebih mandiri. Anda tidak akan lagi merasa cemas atau terbakar keinginan untuk membela perusahaan setelah anda belajar untuk menikmati hidup sendirian.

Anda tidak akan merasa perlu untuk berinteraksi yang konstan dengan orang lain atau cemas terkait dengan melihat sekeliling dan tidak melihat satu orangpun terkecuali diri sendiri.

8. Anda akan mendapatkan keputusan dari usaha konstan untuk membuat orang lain bahagia

Hidup ini penuh dengan hubungan dan sebagian besar hubungan hanya berlangsung ketika dua orang tetap bahagia. Dan hal tersebut bisa berubah menjadi pekerjaan yang menguras energi tergantung dari siapa yang memulai hubungan. Sekarang, hal ini tidak hanya berlaku untuk hubungan pribadi, tetapi setiap jenis hubungan.

Setelah anda sendiri, salah satu kebahagiaan orang yang perlu anda khawatirkan pada saat itu adalah diri anda sendiri. Anda dapat memperlakukan diri anda terhadap hal yang membuat anda bahagia, tetapi mungkin orang lain tidak akan menyukainya.

9. Anda tidak perlu meminta maaf untuk hal apapun

Ketika anda mulai menikmati hidup sendiri, anda akan segera melihat bahwa kesendirian berarti anda tidak harus terus-menerus meminta maaf atas sesuatu yang telah anda lakukan. Seringkali, kita melakukan hal-hal yang berakhir mengganggu orang lain atau menyakiti perasaan orang lain dan kemudian harus cepat meminta maaf atas perbuatan tersebut.

Tetapi ketika anda sendiri, anda tidak perlu meminta maaf untuk hal apapun dan membawa banyak tekanan dari berbagai situasi. Anda bisa berhenti menebak-nebak atas semua hal yang telah anda katakan atau setiap gerakan yang telah anda buat karena anda takut seseorang akan tersinggung, sedih dan marah.

10. Anda akan berhenti mencari validasi

Seringkali kita merasa perlu untuk mendapatkan “persetujuan” dari teman-teman dan keluarga sebelum kita mengambil tindakan. Kita terus-menerus melihat ke arah orang lain untuk mendapatkan saran tentang apa yang harus kita lakukan selanjutnya.

Dan tentu saja ada saat-saat dimana hal ini tidak hanya diterima untuk sekedar meminta saran, anda dapat melakukannya apabila benar-benar dibutuhkan. Tetapi ada juga saat dimana kita merasa sangat mampu untuk bertindak sendiri, jadi kita tidak harus mencari orang lain untuk mendapatkan jawaban.

Ketika anda mulai menghabiskan waktu lebih banyak untuk sendiri, anda akan belajar mempercayai insting anda dan membuat keputusan tanpa validasi pihak ketiga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *